Dinas PUPR Kota Palembang Apresiasi Beton Porous PT. Semen Baturaja

oleh

Palembang  (DAENG NEWS) – Semen Baturaja melakukan sosialisasi dan pengapilkasian produk  terbarunya Baturaja Mortar dan beton porous di kantor Dinas PUPR Kota Palembang, Senin (30/5).

Dalam kesempatan tersebut Vice President Marketing, Tarida Tambunan yang di dampingi oleh oleh beberapa staf diantaranya Senior Manager Waste Management & Derivative Product Erwinsya dan Senior Manger Market & Brand Management Jaya Irawan  PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, menjelaskan 2 produk baru semen baturaja yaitu baturaja mortar dan baturaja beton pouros ,

Produk Baturaja Mortar ini merupakan produk semen jadi atau semen instan merupakan produk turunan dari semen baturaja Dalam acara sosialisai ini, SMBR juga mengenalkan 4 varian Baturaja Mortar yaitu Acian, Pasangan Bata & Plesteran,Perekat Keramik, dan Pasangan Bata Ringan. “Baturaja Mortar adalah semen siap pakai (ready to used), aplikasi lebih tipis sehingga lebih hemat pemakaian, dan tentunya berkualitas tinggi. Semen Baturaja Kokoh & Tahan Lamo untuk kebutuhan bahan bangunan”.

Sedangkan untuk produk Beton Porous adalah beton yang dibentuk dari campuran semen, agregat kasar, air dan bahan tambah atau admixture. Beton ini dibuat dengan menggunakan sedikit aggregat halus atau bahkan menghilangkan penggunaan aggregat , Beton Porous ini tidak bisa sembarangan digunakan dalam pembangunan karena bahan ini salah satunya bertujuan untuk mendapatkan kemampuan paving stone beton berpori dalam menyerap air. ujar Tarida.

Sementara itu Erwinsya menambahkan, secara prinsip produk baturaja mortar merupakan produk penetrasi dan produk semen baturaja adalah dua hal yang berbeda dalam peruntukannya. Semen Baturaja diaplikasikan untuk volume yang lebih besar seperti bangunan konstruksi, bangun gedung-gedung, pengecoran jalan raya, jembatan yang sifatnya struktur, sedangkan Baturaja Mortar merupakan produk alternative yang lebih ringkas untuk bangunan yang sifatnya nonstruktur dengan kapasitas 1600 ton/tahun di tiga wilayah Palembang, Baturaja, Lampung.

Selanjut nya untuk beton porous Beton Porous merupakan inovasi beton yang ramah lingkungan, karena memiliki rongga-rongga udara pada permukaan strukturnya yang berfungsi untuk mengalirkan air permukaan ke dalam tanah, sehingga dapat mengurangi potensi genangan air. Sehingga beton porous tidak hanya berfungsi sebagai sarana infrastruktur, tetapi juga dapat berfungsi sebagai solusi resapan air, dengan bobot yang lebih ringan dibandingan dengan beton konvensional, dan bisa menurunkan efek panas lingkungan karena sifatnya yang permeable.

Adanya pori-pori yang terbentuk pada permukaan beton, mengakibatkan kuat tekan beton berpori menjadi lebih rendah daripada beton konvensional. Sehingga perkerasan dengan beton berpori dengan kebutuhan penggunaan semen yang jauh lebih sedikit dibandingan beton konvensional dimana kuat tekan mulai dari K150 sampai dengan K200, hanya dapat diaplikasikan pada beban lalu lintas ringan seperti trotoar, lahan parkir, jalur pejalan kaki, area rekreasi, teras, pedestrian maupun lingkungan perumahan.

Harapan kami Baturaja Beton Porous dapat menjadi solusi bagi pemerintah dalam menjalankan program-program strategis infrastukur yang ramah lingkungan dan memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat.

Dari pihak Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang Ir. H. Akhmad Bastari, ST.,MT.,IPM.,ASEAN Eng. Yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Faisal Riza, ST.,MT dan didampingi RA Marlina Sylvia, ST., M.Si., M.Sc ASEAN Eng Kepala Bidang Sumber Daya Air, Irigasi dan Limbah, menyampaikan apresiasi yang sangat baik atas produk turunan pabrik PT Semen Baturaja.

Faisal memaparkan bahwa Paving stone beton merupakan material yang paling banyak ditemui dan digunakan sebagai material infrastruktur terutama di perumahan dan taman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *