Reuni Sekolah, Momen Merasakan Masa Lalu Di Masa Depan.

oleh

Opini : Supriyanto

Reuni sekolah adalah salah satu acara nostalgia yang paling diminati. Bertemu lagi setelah bertahun-tahun tidak bertemu pasti menimbulkan kesan tersendiri. Yang dulunya berantakan, sekarang rapi. Yang dulunya kucel dan tidak terurus, sekarang sudah wangi dan rapi. Pasti ada banyak sekali perubahan yang akan kamu dan semua temanmu alami. Dalam acara reuni itu juga, kalian bisa membahas banyak hal bersama, tertawa bersama bahkan mengenang masa sekolah bersama.

Dari reuni inilah, kamu bisa mengingat kembali seperti apa sosok teman-temanmu di zaman sekolah dulu yang sekarang mungkin sudah menjadi istri atau suami orang. Di balik semua keseruan tersebut, ternyata ada  pelajaran berharga yang bisa kamu ambil dari acara reuni sekolah loh.

Saat kamu bertemu lagi dengan orang-orang dalam masa lalumu, kamu pasti akan menyadari dimana posisimu sekarang. Dengan sendirinya kamu akan tahu bahwa tempat kamu berdiri sekarang ini adalah tempat yang memang diperuntukkan untukmu, sama halnya dengan semua teman-temanmu. Kamu berada di tempat yang seharusnya. Entah pekerjaan, menjadi istri atau suami, semua terjadi karena memang sudah seharusnya terjadi seperti itu.

Kamu akan bertemu lagi dengan teman-teman yang sudah lama sekali tidak bertemu denganmu. Saat bertemu dengan mereka, kamu akan melihat banyak sekali prubahan fisik bahkan wajah yang mereka alami. Semuanya mengalami perubahan tapi tidak dengan rasa persahabatan yang kalian punyai dulu. Saat reuni, kamu tidak sadar kalau kamu tidak canggung berbicara, tertawa bahkan mengolok teman-temanmu walau kalian sudah lama sekali tidak bertemu. Kamu berbicara dengannya seperti halnya kalian baru saja bertemu kemarin malam.

Kamu tidak lagi compang camping dalam berpakaian. Kalau dulu lugu, sekarang kamu sudah dewasa dan pastinya semua penampilan lugumu itu akan hilang. Kamu akan lebih bisa mendandani dirimu dengan baik. Tidak lagi lugu dan culun, melainkan wangi dan rapi. Ada perubahan dalam gaya hidupmu dan teman-temanmu dan itu tidak apa-apa. Itu adalah bukti bahwa manusia itu bisa berkembang.

Kamu mungkin punya masa-masa indah yang kamu dan teman-temanmu lalui bersama. Namun, setelah reuni kamu akan sadar bahwa masa depan ternyata lebih baik lagi. Karena sekarang kamu sudah bertumbuh semakin dewasa dan tidak lagi memiliki tanggung jawab untuk sekolah dan mengerjakan tugas. Kamu merasa sudah menjalani kehidupanmu dengan baik karena kamu bisa memiliki apa yang

Walau sudah berselang lama sekali, faktanya kamu tidak bisa melupakan begitu saja kenangan yang sudah otakmu rekam. Saat reuni, kamu masih akan ingat siapa temanmu yang doyan terlambat, siapa yang paling pintar dan siapa yang paling tampan. Semua itu tidak bisa hilang walau kamu sudah tidak bertemu dengan mereka sama sekali. Begitu juga dalam hidup ini, kamu tidak bisa begitu saja melupakan segala sesuatu yang kamu inginkan karena faktanya kenangan yang direkam oleh otakmu itu bisa bertahan lama.

Melihat masa lalu bukan hanya berarti kamu tidak bisa maju atau kamu terperangkap di baliknya. Melihat masa lalu itu perlu agar kamu tahu apa saja yang sudah kamu lalui dulu. Jika banyak orang berkata jangan melihat masa lalu, itu seakan salah. Karena kalau tidak ada masa lalu maka tidak ada juga masa sekarang. Masa lalu juga bisa membuatmu semakin bersyukur karena bisa melewatinya dengan baik dan ada di masa sekarang.

Saat reuni sekolah, tidak menutup kemungkinan kamu akan menemukan fakta bahwa ada satu atau dua temanmu yang sudah tidak ada lagi di dunia ini. Dari situlah kamu akan sadar bahwa di dunia ini memang tidak ada yang abadi. Semua punya masa kedaluwarsanya sendiri-sendiri. Dan kamu akan lebih bisa memaknai hari-harimu dengan semakin baik agar kamu bisa benar-benar hidup di kehidupanmu yang cuma sekali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *