Ekspose Potensi dan Fasilitasi Akses Modal Kelompok Perhutanan Sosial pada UPTD KPH Wilayah III Palembang – Banyuasin bersama PT. Pegadaian Area Palembang

oleh

PALEMBANG (DAENGNEWS)- Dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui upaya mewujudkan kelompok tani hutan (KTH) yang mandiri dalam pengelolaan sumber daya hutan lestari dan berkesinambungan, UPTD KPH Wilayah III Palembang – Banyuasin bekerjasama dengan PT. Pegadaian Area Palembang akan menjadi fasilitator dalam penyampaian informasi terkait akses bantuan permodalan khususnya produk-produk pembiayaan mikro bagi KTH pada tanggal 03 November 2021 di The Gade Coffee n Gold Palembang.

Kegiatan ini disambut oleh Kepala Departemen Non Gadai Pegadaian Area Palembang, Bapak Yun Oliandri dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan, Bapak Pandji Tjahjanto, S.Hut., M.Si. Dalam sambutannya Bapak Pandji menyampaikan bahwa perhutanan sosial merupakan upaya pemerintah untuk memberikan akses legal kepada masyarakat didalam dan sekitar kawasan hutan dalam mengelola hutan secara lestari untuk meningkatkan kesejahteraannya, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya.

Beliau juga turut mengapresasi upaya yang dilakukan tim UPTD KPH Wilayah III Palembang – Banyuasin dalam memberikan akses informasi permodalan kepada KTH dengan bermitra bersama PT. Pegadaian Area Palembang.

Kepala UPTD KPH Wilayah III Palembang – Banyuasin, Bapak Oscar Devi Presta, S.Hut., M.Si, menyampaikan bahwa program ini juga merupakan salah satu upaya KPH selaku pemangku kawasan untuk memperkenalkan potensi hasil hutan bukan kayu dan jasa lingkungan yang dimiliki oleh para pemegang izin.

“Pada kesempatan ini kami juga mengundang instansi terkait lainnya dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan UPT Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Palembang agar dapat bersinergi dalam membuat program pemberdayaan masyarakat yang dapat membantu para petani di sekitar kawasan hutan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *